Kamis, H / 04 Juni 2020

4 Tanda Adanya Penyakit di Tubuhmu

Senin 10 Feb 2020 09:50 WIB

Reporter : Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: pexels.com

ESQNews.id, JAKARTA – Timbulnya suatu penyakit bisa terlihat secara visual maupun tidak. Seperti luka luar, berdarah, adanya benjolan, ruam, terlihat pucat, dan lain sebagainya yang terlihat ganjil pada tubuh.


Seringkali terjadi kasus, tampak dari luar biasa-biasa saja, sehat, tertawa riang, jarang terlihat sakit dan lainnya. Namun ternyata di dalam tubuhnya terjadi penyakit yang tidak diketahui tanda-tandanya. Akibatnya tiba-tiba saja penyakit itu didiagnosa parah dan stadium sekian.


Maka dari itu, menurut req.kesehatan kenali diri Anda terkait penyakit di dalam tubuh melalui tangan:


  1. Telapak tangan memerah

    Dokter menjelaskan bahwa telapak yang memerah atau palmar erythema dapat menjadi tanda masalah hati. Terutama jika terjadi pada orang yang berusia di atas 50 tahun.

    Biasanya kemerahan terletak di tepi luar telapak tangan karena adanya perubahan keseimbangan hormonal yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah. Rheumatoid arthritis juga bisa menjadi alasan untuk kemerahan pada telapak tangan.

    Jika telapak tangan kalian memerah, periksakan ke dokter untuk mengetahui alasan sebenarnya. Sementara itu, aturlah diet sehat dan kurangi asupan alkohol.



    <more>


  2. Telapak tangan berkeringat

    Ada beberapa penyebab telapak tangan berkeringat, antara lain keringat berlebih, stres, dan kerja tiroid yang terlalu aktif. Dalam kasus hiperhidrosis, alias keringat berlebihan, kalian dapat mencoba mengonsumsi antiperspirant yang kuat, atau prosedur medis lain yang disarankan.

    Cobalah untuk membatasi asupan alkohol. Serta belajar mengendalikan tingkat stres dengan meditasi dan belajar teknik mengatur nafas.

  3. Telapak tangan kesemutan atau mati rasa

    Terkadang kalian akan terbangun dengan merasa seperti kehilangan kepekaan di bagian tubuh tertentu. Biasanya gejala yang disertai kesemutan ini akibat tekanan pada saraf sensoris untuk waktu yang lama dan butuh waktu sampai saraf kembali bekerja.

    Dalam beberapa kasus, gejala terebut bisa menjadi tanda masalah yang lebih serius seperti osteochondrosis servikal, sindrom carpal tunner, trombosis vena ekstremitas, cedera pleksus brakialis, anemia dan diabetes.

  4. Telapak tangan kering

    Alasan paling umum untuk kulit kering di tangan adalah dehidrasi dan defisiensi estrogenseiring terjadinya menopause. Untuk menghindari dehidrasi, minum cukup air dan gunakan krim pelembab tangan.

    Sertakan minyak ikan, biji-bijian, dan kacang-kacangan dalam diet. Kunjungi dokter untuk terapi penggantian hormon yang akan membantumu mengontrol penurunan estrogen.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA